"Cici" Sri Sumarni

Live life for a life. Love for love itself

5 Hal ini Menentukan Budget Pesta Pernikahan Anda

Siapa diantara Anda yang sedang menyiapkan pesta pernikahan? Bagaimana rasanya? Apakah banyak kendala? Well, pasti ada beberapa yang sudah lega karena semua sudah Anda pasrahkan ke WO (wedding organizer) tapi pasti juga ada beberapa yang masih bingung dan pusing. Budget untuk memenuhi pesta pernikahan yang diinginkan juga tidak sedikit lho. Yuk kita lihat dulu beberapa kebutuhan untuk pesta penikahan terutama kalau mau menyiapkan semunya sendiri tanpa bantuan WO.

  1. Undangan

Jumlah undangan sangat mempengaruhi budget pesta penikahan Anda karena ini terkait dengan katering, ukuran gedung yang akan Anda sewa, kartu undangan yang akan Anda cetak dan juga souvenir untuk para tamu undangan. Sesuaikan jumlah undangan Anda dengan budget pesta Anda. Buat daftar orang-orang yang akan Anda undang, dari yang memiliki hubungan paling dekat (keluarga besar, soudara dan sahabat) hingga yang paling jauh. Diskusikan dengan keluarga Anda khususnya orang tua Anda siapa-siapa yang akan diundang agar tidak melebihi target yang akan diundang.

Ada banyak jenis undangan pernikahan dari yang sangat mewah dan mahal hingga undangan yang sangat sederhana dan murah. Jika Anda sudah memliki gambaran undangan seperti apa, Anda tinggal tanyakan pada penyedia jasa etak undangan kisaran harganya (tanya aja ga disuruh bayar kok). Namun jika Anda belum ada gambaran Anda bisa saja melihat-lihat dulu dan tanyakan harga masing-masing jenis undangan yang Anda sukai, bisa Anda foto dulu untuk didiskusikan dengan pasangan atau keluarga Anda sebelum memutuskannya.

Anda juga dapat memilih undangan multi fungsi sebagai souvenir sehingga Anda tidak perlu lagi menyiapkan souvenir.

  1. Make-up dan Busana

Make-up dan busana apa yang ingin Anda kenakan, tradisional ataukah modern. Fee masing-masing perias tentu berbeda apalagi kalau menginginkan paket komplit hingga ke semua keluarga besar. Kalau budget Anda mepet ada baiknya untuk yang utama saja yaitu kedua mempelai, orang tua kedua mempelai, dan beberapa penerima tamu.

  1. Gedung dan Dekorasi

Mau mengadakan pesta pernikahan di gedung atau di rumah? Jika tamu undangan tidak banyak dan rumah Anda memiliki halaman yang cukup mengadakan pesta penikahan di rumah tentu sangat menghemat budget Anda. Mengadakan pesta pernikahan di rumah juga memberikan kesan intim/ dekat dengan para tamu undangan.

Dekorasi sangat tergantung dengan konsep pesta pernikahan Anda apakah tradisional, modern, atau bahkan garden wedding. Beberapa jasa dekorasi yang satu paket dengan jasa rias, jadi Anda bisa meminta diskon. Mintalah dekorasi yang minimalis tapi tetap memberikan kesan mewah dan romantis. Pilihlah beberapa jasa dekorasi, bandingkan dan lagi-lagi tanyalah sampai sejelas-jelasnya.

  1. Katering

Seperti yang sudah disampaikan diawal budget yang perlu Anda siapkan untuk katering sangat tergantung dari jumlah tamu yang Anda undang. Dan umumnya tamu undangan Anda akan datang bersama pasangan masing-masing.

Jika Anda menyiapkan konsumsi terpisah-pisah, tidak dari satu jasa katering. Pastikan Anda memesan menu yang bervariasi dan meletakannya pada meja-meja yang disebar pada beberapa titik agar tidak terjadi antrian panjang yang tidak diinginkan. Beberapa menu makanan juga akan mengesankan makanan cukup/ tidak akan kurang untuk semua tamu undangan Anda. Jika Anda menggunakan jasa katering, pilihlah menu paket dengan beberapa menu selain menu utama. Lagi-lagi mintalah diskon, negosisasi masih mungkin Anda lakukan meski harga sudah tertera dalam menu paket katering.

  1. Dokumentasi

Mengabadikan hari bahagia Anda tentu satu hal wajib yang harus Anda lakukan. Dokumentasi berupa foto dan video. Anda perlu menyewa jasa fotografer dan videografer profesional  untuk mengabadikan pesta pernikahan Anda. Tentu tidak harus penyedia jasa yang paling terkenal. Pilihkan paket jasa foto dan video karena umumnya paket ini lebih murah dari pada terpisah-pisah antara penyedia jasa foto dan video.

Nah, dicatatkan 5 hal penting dalam menyusun budget pernikahan Anda. Sekarang Anda harus merincinya lagi pada masing-masing hal penting tersebut. Perbanyak diskusi dengan orang lain (oarang tua, saudara dan teman) agar Anda tidak stress memikirkan semua hal tersebut sendiri. Semoga pesta pernikahan Anda berkesan dan penuh keceriaan.

– Sri Sumarni – 23032015

Untuk memudahka Anda dalam berbelanja souvenir telah hadir http://souvenirpernikahangaleriamanah.com

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: