"Cici" Sri Sumarni

Live life for a life. Love for love itself

3 Langkah Menghabiskan Gaji Tanpa Beban dan Tetap Tentram

Wooooow sudah tanggal 27 ternyata, sudah pada senyum-senyum bahagia kan? Rekening sudah terisi kembali. Apakah diantara Anda ada yang masih bingung membagi gaji untuk kebutuhan bulanan Anda. Tidak usah bingung, habiskan saja gaji mu tanpa menyisakannya di akhir bulan.

“Lho kok dihabiskan saja kan harus dihemat” “kan harus bayar cicilan rumah, mobil, motor”, mungkin banyak yang akan berkata begitu. Simak tipsnya, 3 langkah meghabiskan gaji tanpa beban dan tetap tentram:

  1. Pertama dan utama BAYAR CICILAN KREDIT! Karena kalau tidak dibayar resiko lebih besar menanti Anda. Bunga semakin berkembang, masuk dalam catatan hitam bank yang bisa mengakibatkan Anda kesulitan mengajukan pinjaman lagi. Maksimal cicilan hutang dalam anggaran bulanan adalah 30% dari total pendapatan. Hayooo cek lagi rasio hutang kamu, masih sehat kah?
  2. Yang kedua ambil 20% gaji/ pendapatan Anda untuk investasi dan tabungan. Pisahkan rekening tabungan dengan rekening gaji atau rekening yang Anda gunakan sehari-hari. Angka 20% adalah angka yang standar, jadi jika Anda ingin menabung dan berinvestasi lebih besar itu lebih baik.
  3. Yang ketiga dan terakhir, HABISKAN SISANYA! Habiskan sisa gaji Anda untuk kebutuhan 1 bulan, JANGAN SISAKAN! Kebutuhan bulanan ini meliputi makanan Anda dan keluarga, transportasi, tagihan listrik, komunikasi, makan siang di kantor, pakaian juga kebutuhan hiburan/rekreasi rutin, pakaian dan lain-lain.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghabiskan gaji Anda tanpa beban dan hati tetap tentram?  Kalau sudah tahu, ayo praktekan sekarang juga!

-Sri Sumarni-

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: