"Cici" Sri Sumarni

Live life for a life. Love for love itself

Perencanaan Keuangan

Pada Sabtu lalu (23-2-2013) saya mengikuti workshop tentang reksadana dengan tajuk “Go to Smart Investing” yang diselenggarakan oleh Danareksa Investment Management dan FE UI. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dunia pasar modal khususnya reksadana. Harapannya semakin banyak masyarakat Indonesia yang mau melakukan investasi di pasar modal.

Workshop dibuka dengan materi perencanaan keuangan. Kenapa diawali dengan perencanaan keuangan? Karena kita semua pasti punya rencana dalam hidup, misal memiliki rumah, menikah dengan pesta mewah, melanjutkan sekolah dengan biaya sendiri, modal usaha, memiliki anak dan menyiapkan biaya pendidikannya, atau pensiun dengan kecukupan uang tanpa merepotkan anak cucu. Semua itu tidak datang dengan sendirinya, dan karenanya dibutuhkan perencanaan untuk mewujudkannya, butuh dana berapa banyak, mau dicapai berapa tahun lagi, berapa uang yang akan diinvestasikan dan akan diinvestasikan di instrumen apa.

Sebelum melakukan investasi, umumnya investor harus mengetahui karakter dan profil risikonya, seberapa jauh dia mentoleransi adanya penurunan nilai investasi atau kerugian agar investor nyaman dalam berinvestasi. Kemudian mulai investasi sesuai dengan profil risikonya.  Pasar saham umumnya untuk investor agresif dan toleran terhadap penurunan nilai investasi dan umumnya jangka waktu investasi panjang di atas 5 tahun (meski ada juga yang mengatakan 3-5 tahun), obligasi untuk investor yang moderat dan mentoleransi hanya sedikit kerugian dengan jangka waktu investasi menengah antara 3-5 tahun (ada juga yang mengatakan 1-3 tahun), dan untuk yang tipe konservatif umumnya disarankan untuk menabung di deposito dengan jangka waktu pendek kurang dari 1 tahun. Harus selalu diingat bahwa “hight returnt = hight risk, low risk = low return”.

So, apakah Anda sudah memiliki rencana-rencana dalam hidup Anda? Butuh uang berapa banyak dan mau dicapai kapan? Mulailah investasi sedini mungkin, sisakan 10-30% penghasilan Anda untuk investasi. Jangan khawatir, sudah banyak instrumen investasi yang memungkinkan Anda untuk investasi hanya dengan 100 ribu rupiah per bulan. Jangan lupa pelajari dulu instrumen investasi yang akan Anda pilih agar Anda mengerti risikonya.

Invest your time before invest your money and happy investing!

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: