"Cici" Sri Sumarni

Live life for a life. Love for love itself

# GraphoTerapi-ku

Saya tidak tahu istilah apa yang digunakan untuk menyebutkan situasi pada saat tertentu lupa pada apa yang baru saja terjadi. Misal, tiba-tiba tersadar dan lupa/ tidak mampu mengingat apa yang baru saja terjadi/ dilakukan, atau tersadar melakukan sesuatu yang tidak direncanakan dan lupa apa yang sudah direncanakan, baru saja mengirim sms tapi lupa apa isi sms tersebut.

Hal semacam ini sering terjadi kepada saya. Saya rasa ada gangguan pada kerja otak saya, meski saya belum pernah melakukan pengecekan medis. Beberapa artikel yang saya baca menjelaskan bahwa kurangnya sirkulasi oksigen di otaklah yang memicu penurunan daya kerja otak. Untuk mendapatkan sirkulasi oksigen yang baik pada otak salah satunya adalah dengan berolah raga. Olah raga akan meningkatkan kerja jantung yang membawa oksigen dalam aliran darah menuju otak. Sudah beberapa tahun ini, memang saya tidak melakukan olah raga rutin. Malas adalah alasannya untuk tidak mengkambinghitamkan hal-hal lain dalam diri saya. Waktu libur juga tidak saya gunakan dengan baik untuk olah raga, hanya untuk bermalas-malasan, balas dendam waktu tidur yang kurang atau untuk bepergian.

Saya juga pernah menanyakan pada seorang ahli gizi pada suatu kesempatan. Katanya, pada prinsipnya apa yang kita makan harus sesuai dengan apa yang tubuh kita butuhkan. Misal untuk tulang yang bagus kita butuh mengkonsumsi kalsium yang cukup. “Dimana makanan yang banyak mengandung kalsium?” tanya sang ahli. “Tulang” saya menjawab. “Ya banyak-banyak makan tulang. Tahu kandungan apa yang paling banyak dalam otak?” tanya sang ahli lagi, dan saya cuma menggeleng. “Glukosa” jawab sang ahli, “glukosa ada di mana?” lanjutnya “nasi/ karbohidrat salah satunya”. Saya yang waktu itu sedang diet karbo langsung ditertawakan oleh teman saya yang juga mendengarkan pembicaraan kami. Lalu saya bilang “glukosa kan tidak hanya di nasi, ada di gula, kentang, roti dll”. “Betul” jawab sang ahli gizi membuat saya tersenyum lebar pada teman saya tadi.

Kesimpulan saya sejauh ini pada masalah pertama. Permasalahan kedua mungkin saja, mengingat saya ini bertahun-tahun menjadi anak kos yang mengandalkan warung makan untuk urusan makan. Konsumsi sayur dan buah juga sangat sedikit.

Beberapa hari yang lalu, lagi-lagi @YosandyLS membuat say semakin terpikat padanya. Dia membuat twitgame untuk mengetahui daya ingat dan ketelitian. Meski tulisan dan tanda tangan saya pernah dianalisa, saya tetap langsung mengikuti game tersebut. Kita (twendys) diminta menuliskan “Kali Cikini indah berseri di pagi hari ini!” dengan huruf sambung, bukan huruf kapital. Kemudian twendys diminta menghitung jumlah titik di atas huruf [i], ada berapa? Berapa yang hilang/ tanpa titik di atas huruf [i]? Berapa yang titiknya tepat di atas huruf [i]? berapa yang titiknya agak geser ke kiri/ sebelum huruf [i]? berapa yang titiknya agak geser ke kanan/ sesudah huruf [i]? Nah dari situ ketahuan, yang makin banyak tanpa titik artinya tingkat lupanya makin tinggi.

Mau tahu berapa titik yang tepat saya goreskan di atas huruf [i]? Dari total 11 huruf [i] hanya 7 yang menggunakan titik tepat di atas huruf [i], 2 huruf tanpa titik, 1 titik geser ke kanan dan 1 titik lagi geser ke kiri. Lalu apa kesimpulannya? Kata Yosandy, saya pelupa ringan, kadang suka terburu-buru dan kadang suka menunda pekerjaan. Saya tertegun, saya bertanya-tanya, bagaimana bisa langsung mengenali daya ingat dan ketelitian orang hanya dengan 1 kalimat, and damn it’s true. Iya, saya ini pelupa, bahkan kalo boleh saya bilang lebih dari lupa ringan mengingat contoh-contoh yang saya kemukakan di awal tulisan ini. Terkadang saya suka menunda-nunda pekerjaan dan saya terburu-buru hingga hasilnya tidak maksimal dan ada kesalahan-kesalahan yang timbul karena terburu-buru tadi.

Lalu apa yang disarankan Yosandy untuk meningkatkan daya ingat dan ketelitian? Ada beberpa hal yang perlu dilakukan untuk itu, antara lain yaiu:

  1. Olah raga rutin,
  2. Istirahat cukup,
  3. Makan makanan bergizi dan perbanyak asupan vitamin B kompleks,
  4. Grapho Terapi.

Untuk nomor 1 sampi 3 sudah banyak dibahas dalam artikel-artikel kesehatan, tapi untuk yang ke 4 ini saya baru dengar. Saya juga tidak mengerti bagaimana kerja Grapho Terapi sehingga bisa membatu meningkatkan daya ingat dan ketelitian seseorang. Grapho terapi melatih orang untuk menulis tangan dengan baik dan benar, memperlakukan huruf sebagaimana seharusnya. Misal, jika huruf tersebut menggunakan titik, ya beri titik dengan tepat, huruf kapital hanya pada awal kalimat, nama orang atau hal-hal tertentu yang sudah baku dalam tata bahasa tulis. Mungkin juga ada kaidah-kaidah lain dalam Grpho Terapi ini, namun saya belum tahu.

Pada 17 Juni yang lalu tiba-tiba saya ingat mengenai Grapho Terapi ini. Dan malan itu juga saya membuat catatan dengan tulisan tangan, saya juga memutuskan untuk menjalani Grapho Terapi ini. Meskipun saya tidak tahu atau belum tahu keseluruhan kaidah dalam Grapho Terapi ini, dan hasilnya nanti akan seperti apa pada daya ingat dan ketelitian saya, karena baru bisa dianalisa setelah kurun sekian waktu, tapi ada manfaat lain yang jelas akan langsung saya rasakan. Buku catatan saya akan penuh, akan banyak cerita yang tidak hilang begitu saja dalam hidup saya, akan ada tulisan-tulisan saya yang bisa saya publish di blog ato socmed. Yang jelas saya akan jadi produktif, soal kualitas sih ya ga tau juga, tergantung siapa yang menilai dan menggunakan indikator apa. Namun saya harus konsisten, menulis tangan sesering mingkin, apa saja bisa dituliskan, tidak harus membuat prosa panjang, menyalin tulisan di Koran juga boleh. Yang penting agar misi Grapho Terapi ini sukses adalah sesering mungkin menulis tangan dengan baik dan benar.

Konsisten Cici, cemungud eaaaa….

*tulisan ini dibuat dalam 2 sesi Grapho Terapi, pada 17 Juni 2012 dan 20 Juni 2012.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: