"Cici" Sri Sumarni

Live life for a life. Love for love itself

Ancaman Bom Buku

Pada Selasa 5 Maret 2011 sekitar pukul 10.00 WIB, Kantor Berita Radio 68H yang juga sekretariat Komunitas Utan Kayu dan JIL menerima kiriman paket buku yang ditujukan untuk Ulil Abshor Abdalla. Namun ternyata paket tersebut adalah sebuah bom yang dikemas dalam sebuah buku berjudul “Mereka Harus Dibunuh Karena Dosa-dosa Mereka Terhadap Islam dan Kaum Muslim”. Pada hari yang sama juga terjadi pengiriman paket bom buku di dua tempat yang berbeda.

Kini terror bukan lagi terjadi di ruang-ruang publik tapi di depan pintu rumah. Dan heranya penanganan dari kepolisian tidak sesuai dengan protap, masa bom dijinakan polisi yang bukan ahlinya dan dengan cara yang aneh, disiram air.  Setelah buku disiram air kemudian si polisi berusaha untuk mengurai isinya “boooommm”, sekitar pukul 16.10 WIB bom meledak dan si polisi dan beberapa orang lainya menjadi korban. Kenapa tidak ditangani oleh tim gegana, namun informasinya tim gegana lamban datang ke lokasi, sehingga polisi yang sudah berada disana mengambil inisiatif.

Betapa institusi kepolisian tidak profesional menangani kasus tersebut. Belum lagi, kelengahan BIN dan kepolisian karena tidka mengantisipasi hal-hal seperti ini.

Betapa toleransi sudah jauh panggang dari api, begitu banyak kasus dan tindakan anarkis karena perbedaan pendapat dan keyakinan. Betapa pihak yang berwenang dan Pemerintah tidak lagi berdaya menghadapi gerombolan2 dan tidak mampu melindungi warganya  atas rasa aman.

Saya berduka untuk matinya toleransi atas keberagaman di negeri ini. Terkutuk mereka yang menggunakan cara-cara kekerasan atas nama membela Tuhan, padahal Tuhan tidak perlu dibela.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: