"Cici" Sri Sumarni

Live life for a life. Love for love itself

Pusingnya Belajar PSAK 45

Duh, pusing eiii bikin laporan keuangan sesuai persyaratan dan standar akuntasi dari Ikatan Akuntansi Indonesia 😦 secara bukan Sarjana Akuntasi apalagi Akuntan. Memang sih pada dasarnya semua orang mengerti dan bisa mengelola UANG. Tapi ini kan bukan uang saya, ini uang orang, bahkan uang RAKYAT.

Standar akuntasi untuk organisasi non-profit menggunakan PSAK 45.  Sebagai salah satu orang yang bertanggung jawab soal keuangan di sebuah lembaga non-profit (Perkumpulan PERDIKAN), menjadi kebutuhan buat saya untuk bisa mengaplikasikan PSAK 45 ini. PSAK 45 terdiri dari Laporan Arus Kas, Laporan Aktivitas, dan Laporan Posisi Keuangan. Untuk mendapatkan pelatihan tentang ini, biasanya melalui lembaga2 penguatan kapasitas keuangan, yang biasanya harus bayar (dan buat saya tidaklah murah). Beruntung ada seorang teman yang beberapa hari yang lalu mengcopykan tamplate ini buat saya (thanks to Mba Helen n Mba Ninik, LBH APIK Semarang)

Sebagai orang yang tidak experd di soal akuntansi, sudah pasti saya ngung-bingung. Saya pandangi sheet demi sheet, saya cermati kolom-demi kolom,  ealah ada salah satu kolom yang rumusnya rusak (#REF), ahahaha…. cuma bisa senyum aja. Well, tapi ga papa, karena ga ngarus banget ke yang lain, dan pasti akan saya temukan solusinya.

Duh, kekna butuh banyak baca panduan penggunaan PSAK 45 ini. ayoooo….. ciechay SEMANGAT…..!!!!!

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: